head

Friday, January 5, 2018

Kisah Ashabul Kahfi

http://bit.ly/2Ma2gSX



KISAH Ashabul Kahfi

Salam SEMUA,
Kisah Ashabul kahfi (Yang bermaksud gua Penghuni-Penghuni) diceritakan Oleh Allah DENGAN Panjang Lebar di hearts surah al-Kahfi, bermula Dari ayat 9 Hingga ayat 26 (iaitu kira-kira 15 ayat). Sebab turun-ayat-ayat Yang menceritakan kisah hearts surah al-Kahfi Penyanyi sebagaimana Yang diceritakan Oleh ulama'-ulama' ialah tafsir;

“Paderi-Paderi yahudi berhasrat untuk review Menguji Nabi Muhammad saw sama ADA besarbesaran Benar-Benar Seorang Nabi ATAU TIDAK. Lalu mereka menyuruh orang-orangutan musyrikin Supaya Menguji Baginda DENGAN bertanyakan Tiga kisah Yang ajaib Yang Berlaku PADA zaman PT KARYA CIPTA PUTRA iaitu;

1. Kisah pemuda-pemuda Yang bersembunyi hearts gua iaitu kisah Ashabul Kahfi.
2. Kisah Seorang raja adil Yang mengelilingi Dunia (timur Dan barat) iaitulah Iskandar Zulkarnain.
3. Kisah TENTANG hakikat ruh.

Penghasilan kena pajak 15 hari Rasulullah saw Menunggu, Maka turunlah wahyu menceritakan Ketiga-Tiga kisah tersebut”.

Allah memulakan penceritaan DENGAN membentangkan rasa takjub Manusia TENTANG kisah Penyanyi walaupun sebenarnya mereka TIDAK Perlu rasa takjub kerana besarbesaran Datang Dari Kudrat Allah, bahkan di sana Terdapat Banyak Lagi Tanda-Tanda Kekuasaan Allah Yang LEBIH Hebat Dari Peristiwa Suami (seperti penciptaan langit Dan bumi, penciptaan nabi Adam Dan sebagainya). Firman Allah;

“Adakah Engkau menyangka (wahai Muhammad), bahawa kisah 'Ashabul kahfi' (Penghuni gua) Dan 'ar-raqiim' (anjing mereka) termasuk ANTARA Tanda-Tanda-Tanda Kekuasaan Kami Yang menakjubkan? (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda ITU Mencari Tempat berlindung Ke hearts gua Lalu mereka berdo`a:. "Wahai Tuhan Kami berikanlah rahmat ditunjukan kepada Kami Dari Sisi-Mu Dan sempurnakanlah Bagi Kami Petunjuk Yang lurus hearts Urusan Kami (Penyanyi)” (al Kahfi: 9)

Ashabul kahfi (Penghuni-penguni gua) Yang dimaksudkan hearts ayat di differences -menurut para ulama'- terdiri Dari Tujuh orangutan pemuda iaitu;

1. Maksalmina
2. Tamlikha
3. Martunus
4. Bainunus ATAU Nainunus
5. Sarbunus
6. Dzunuanus
7. Kasyfitatanunus

Bersama mereka Seekor anjing Bernama Qitmir mengekori mereka.

Pemuda-pemuda Penyanyi beriman ditunjukan kepada Allah di Tengah kekufuran kaum Dan bangsa mereka. Identiti mereka sebagai pemuda Yang beriman Diakui Oleh Allah DENGAN firmanNya;

“Sesungguhnya mereka ITU Adalah pemuda-pemuda Yang beriman ditunjukan kepada Tuhan mereka Dan Kami Jumlah Harga: Tambahkan ditunjukan kepada mereka Petunjuk”. (al-Kahfi: 13)

* Menurut Ahli Sejarah, kisah Penyanyi Berlaku PADA zaman SEBELUM Kedatangan Islam di Satu negeri Bernama Afsus Yang terletak di Turki (ADA Pendapat menyatakan di Jordan, Dan ADA also mengatakan di Suriah). Asalnya Penduduk negeri ITU beriman ditunjukan kepada Allah Dan beribadat mengesakanNya. Namun keadaan Berubah selepas Kedatangan Seorang raja Bernama Diqyanus. Raja Penyanyi menganut fahaman yang kufur / berhala Dan besarbesaran memaksa rakyat di Bawah pemerintahannya Supaya murtad Dari agama Allah Yang Dibawa Nabi Isa sebagai Dan bertukar ditunjukan kepada agama kufur / berhala Yang dianutinya. Rakyat Yang Takut DENGAN Ancaman Dan siksaan raja ITU Terpaksa Akur DENGAN Arahan Yang zalim ITU.

Namun Tujuh pemuda beriman Tadi TIDAK mahu tunduk DENGAN Tekanan raja kafir ITU. Mereka Tetap teguh mempertahankan aqidah mereka walaupun menyedari nyawa Dan Diri mereka mungkin terancam DENGAN berbuat demikian. Akhirnya mereka dipanggil mengadap raja ITU. Di hadapan raja Yang zalim ITU, mereka DENGAN Penuh Berani Dan bersemangat berhujjah mempertahankan iman Dan Prinsip aqidah ilahi Yang mereka Yakini. Allah berfirman menceritakan Peristiwa mereka berhujjah;

“Dan Kami Telah meneguhkan hati mereka di Waktu mereka Berdiri (di hadapan raja) Lalu mereka Berkata (membentangkan hujjah ditunjukan kepada raja): "Tuhan Kami Adalah Tuhan langit Dan bumi; Kami Sekali-kali TIDAK menyeru Tuhan selain Dia, Sesungguhnya Kami kalau demikian Telah mengucapkan perkataan Yang amat JAUH bahasa Dari Kebenaran. Kaum Kami Penyanyi Telah menjadikan selain Dia sebagai tuhan-tuhan (untuk review di sembah). Mengapa mereka TIDAK mengemukakan Alasan Yang terang (TENTANG Kepercayaan mereka?) Siapakah Yang LEBIH zalim daripada orang-orangutan Yang mengada-adakan ?. Kebohongan Terhadap Allah”(al-Kahfi: 14-15)

Walaupun Tidak mampu Menjawab hujjah-hujjah Yang mantap Dari pemuda-pemuda beriman Penyanyi, raja Yang kufur Dan zalim ITU Tetap berkeras mahu mereka murtad Dari agama mereka. Ia memberikan tempoh beberapa hari ditunjukan kepada mereka. JIKA selepas tempoh ITU pemuda-pemuda Suami Tetap berkeras, Maka mereka akan dimurtadkan Beroperasi Paksa ATAU akan dibunuh.

Kerana sayangkan aqidah Dan agama mereka, pemuda-pemuda Penyanyi bermesyuarat Sesama mereka untuk review Mencari Keputusan Yang muafakat; apakah tindakan Yang sepatutnya diambil untuk review mempertahankan Diri Dan also agama mereka? Akhirnya mereka memutuskan untuk review lari bersembunyi Dan berlindung di hearts gua di Kawasan Pedalaman / kampung. Firman Allah;

“Dan Oleh kerana kamu Telah mengasingkan Diri Dari mereka Dan Dari APA Yang mereka sembah selain Allah, Maka pergilah kamu berlindung di gua ITU, Supaya Tuhan kamu melimpahkan Dari rahmat-Nya ditunjukan kepada kamu Dan MENYEDIAKAN kemudahan-kemudahan untuk review menjayakan Urusan Wanita DENGAN Memberi Bantuan Yang berguna”. (al-Kahfi: 16)

Mereka lari Ke Pedalaman di Kawasan pergunungan Bernama Nikhayus. Di Situ Terdapat Sebuah gua dan DI situlah mereka bersembunyi Dan berlindung. Kebetulan semasa Perjalanan mereka Ke Situ mereka Telah diekori Oleh Seekor anjing Bernama ar-raqiim. Maka anjing ITU Turut Bersama-sama DENGAN mereka berlindung Dan menetap di gua ITU.

Di hearts gua ITU mereka diberi Ketenangan Dan ketenteraman Oleh Allah. Ia Telah menidurkan mereka DENGAN nyenyak hearts gua tersebut. Firman Alalh menceritakan TENTANG mereka di hearts gua;

“Lalu Kami tidurkan mereka DENGAN nyenyaknya di hearts gua ITU bertahun-Tahun lamanya”. (al-Kahfi: 11).

Allah Ingin menzahirkan Bukti-Bukti kekuasaanNya ditunjukan kepada hamba-hambaNya through Peristiwa inisial. Maka Allah Telah mentakdirkan pemuda-pemuda Penyanyi Tidur hearts Jangka masa Yang amat lama iaitu selama 300 Tahun (mengikut perkiraan Tahun Masihi) ATAU 309 Tahun (mengikut Tahun Hijrah).

“Dan mereka Telah Tinggal Tidur hearts gua mereka selama Tiga ratus Tahun (DENGAN kiraan Ahli Kitab), Dan hendaklah kamu Tambah sembilan Tahun lagi (DENGAN kiraan kamu) (yakni Menjadi 309 tahun)”. (al-Kahfi: 25)

Walaupun mereka Tidur amat lama Dan Tanpa Makan Dan air minum, tetapi DENGAN Kuasa Allah, badan Dan Jasad mereka TIDAK Hancur Dan MUSNAH. Bahkan Allah menyatakan bahawa; JIKA kitd lihat keadaan mereka di hearts gua ITU nescaya kitd TIDAK akan Percaya bahawa mereka sedang Tidur.

“Dan Engkau sangka mereka SEDAR padahal mereka Tidur; Dan Kami balik-balikkan mereka hearts tidurnya Ke Sebelah Kanan Dan Ke Sebelah kiri (Supaya badan mereka TIDAK dimakan tanah), sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka, yang berarti Pintu gua. Dan JIKA kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling Dari mereka DENGAN melarikan (Diri) Dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi DENGAN ketakutan Terhadap mereka”. (al-Kahfi: 18)

Penghasilan kena pajak Sampai tempoh Yang ditetapkan Allah (iaitu 300 Tahun ATAU 309 tahun), mereka dibangunkan. Ketika mereka bangun mereka Sendiri TIDAK menyedari bahawa mereka Tidur hearts Jangka masa Yang amat lama. Mereka menyangka mereka Hanya Tidur hearts masa Sehari ATAU Separuh hari sahaja.

“Berkatalah shalat Seorang di ANTARA mereka: "Sudah berapa lamakah kamu berada (here?)". Mereka Menjawab: "Kita berada (here) Sehari ATAU Setengah hari ....” (Al-Kahfi: 19).


Wallahua'lam

Seuntai Kata Dari Syaikh Akbar




SEUNTAI KATA DARI SYAIKH AKBAR
SEUNTAI KATA HIKMAH PARA SYAIKHUL AKBAR GURU MURSYID THAREKAT NAQSYABANDI
Syaikh Ahmad al-Faruqi Sirhindi berkata

Ketahuilah bahwa melakukan perjalanan (suluk) pada Tariqah yang paling Mulia ini adalah dengan ikatan (rabitah) dan cinta pada Syaikh yang kita ikuti.

Syaikh seperti itulah yang berjalan di Jalan ini dengan keteguhan (istiqamah), dan ia tercelupi (insabagha) dengan segenap macam kesempurnaan melalui kekuatan daya tarik Ilahiah (jadzbah).

Pandangannya menyembuhkan penyakit-penyakit hati dan konsentrasinya atau pemusatan pikirannya (tawajjuh) mengangkat habis cacat-cacat ruhani.

Ala’uddin al-Bukhari al-Attar

Aku diberi kekuatan oleh Syaikhku, Syaikh Naqsybandi, sedemikian rupa sehingga bila Aku ingin memfokuskan setiap orang di alam semesta ini, Aku akan mengangkat mereka semua ke tingkat ihsan.

Niat dalam berkhalwat adalah untuk meninggalkan segala hubungan duniawi dan mengarahkan diri kepada Tuhan.

Tingkat Kefanaan Ketika Allah membuatmu lupa akan kekuatan duniawi maupun Kerajaan Surgawi, itu adalah Kefanaan yang Mutlak. Dan Jika Dia membuatmu lupa akan Kefanaan yang Mutlak itu, itu adalah Inti dari Kefanaan yang Mutlak.

Waspadalah dalam menyakiti hati para Sufi.

Jika engkau menginginkan persahabatan dengan mereka (para sufi), pertama kalian harus belajar bagaimana bertingkah laku di hadapan mereka. Kalau tidak kalian akan menyakiti diri sendiri, karena jalan mereka adalah jalan yang paling lembut.

Jika kalian berpikir bahwa kalian telah berperilaku paling baik berarti engkau telah salah, karena memandang dirimu baik adalah suatu kesombongan.

Diam adalah keadaan terbaik, kecuali dalam tiga kondisi: kalian tidak boleh berdiam diri dalam menghadapi gosip buruk yang menyerang hatimu, kalian tidak boleh berdiam diri dalam mengarahkan dirimu untuk mengingat Allah, dan kalian tidak boleh berdiam diri ketika pandangan spiritual dalam hatimu memerintahkan untuk bicara

Melindungi hatimu dari pikiran jahat sangatlah sulit, dan Aku melindungi hatiku selama 20 tahun dengan tidak membiarkan ada satu godaan pun yang memasukinya.

Amalan terbaik dalam Thariqat ini adalah menghukum godaan dan gosip di dalam hati.

Aku tidak senang terhadap beberapa murid, karena mereka tidak berusaha untuk menjaga keadaan pandangan spiritual yang muncul kepada mereka.
Jika hati para pengikut (murid) dipenuhi dengan cinta terhadap Syaikh, maka cinta ini mengalahkan semua cinta dalam hatinya, sehingga hati itu dapat menerima transmisi Pengetahuan Ilahi, yang tidak berawal dan tidak berakhir.
Murid harus merasa yakin bahwa tidak akan mencapai tujuannya kecuali melalui kepuasan dan cintanya pada Syaikhnya. Murid harus mencari kepuasan itu dan dia harus tahu bahwa semua pintu telah terkunci, kecuali satu pintu, yaitu Syaikhnya.

Murid harus mengorbankan dirinya demi Syaikhnya, Walaupun dia telah mempunyai pengetahuan tertinggi dan mujahada (kapasitas untuk berusaha) yang paling tinggi, dia harus meninggalkan semuanya dan sadar bahwa dia tidak ada artinya di hadapan Syaikhnya.

Para murid harus memberikan otoritas penuh kepada Syaikh dalam segala urusannya, baik religius maupun duniawi, sedemikian sehingga dia tidak mempunyai keinginan selain keinginan Syaikhnya.

Mengunjungi Syaikh adalah suatu Sunnah Wajiba, yaitu suatu kewajiban setiap murid, paling tidak setiap hari, atau setiap hari lainnya, dan senantiasa menjaga batas dan kehormatan antara dirimu dengan Syaikh.

Jika jarak antara kalian dengan Syaikh cukup jauh, kunjungilah paling tidak sekali sebulan atau dua bulan sekali agar hubungan kalian tidak terputus, Janganlah kalian puas hanya tergantung pada koneksi antara hatimu dengan hati mereka.

Aku memberi jaminan kepada setiap pencari dalam thariqat ini, jika dia meniru Syaikh dengan hati yang tulus, pada akhirnya dia akan menemukan realitasnya.

Syaikh Naqsybandi memerintahkan Aku untuk meniru beliau dan apa pun yang Aku lakukan untuk meniru beliau, sehingga dengan segera Aku dapat memetik hasilnya.
Syaikh Naqsybandi memperingatkanku, barang siapa menginginkan Maqam Kewalian, maqam yang penuh kesempurnaan, dia akan tersesat.

Jika Murid meniru syaikhnya ketika sedang berada dalam Maqam Kesempurnaan, dia akan berada dalam bahaya, seperti halnya ketika dia ingin terbang tanpa mengembangkan sayapnya.

Shaikh Muhammad Baba as-Samasi

Jadilah orang yang terbimbing dengan ajaran Syaikhmu, sebab ajaran itu dapat menyembuhkanmu secara langsung dan lebih efektif daripada membaca kitab.
Ketika bersama Syaikhmu Kalian harus menjaga hadab. kalian harus menjaga hati dan tidak boleh berbicara di tengah kehadirannya dengan suara yang keras, kalian juga tidak perlu menyibukkan diri dengan shalat dan ibadah sunnah ketika sedang bersamanya.

Jagalah kebersamaanya dalam segala hal. Jangan berbicara ketika mereka sedang berbicara. Dengarkan apa yang mereka katakan. Jangan melihat apa yang mereka miliki di rumah, terutama di kamar dan dapurnya.

Jangan berpaling kepada Syaikh yang lain tetapi yakinlah bahwa Syaikhmu akan membuatmu tiba di tujuanmu. Jangan menyambungkan hatimu dengan Syaikh yang lain, bisa saja kalian akan terluka karena melakukan hal itu.
Dalam menjaga kehadirat Syaikhmu, kalian tidak boleh menyimpan sesuatu dalam hatimu kecuali Allah SWT dan Nama-Nya.

Syaikh Muhammad Zahid

Di awal perjalananku dalam Thariqat ini, Aku duduk di sampingnya suatu hari di musim semi. Sebuah keinginan akan semangka masuk ke dalam hatiku.

Beliau melihatku dan berkata, Muhammad Zahid , pergilah ke sungai di dekat kita itu dan bawakan kepadaku apa yang engkau lihat dan kita akan memakannya. Dengan segera Aku pergi ke sungai itu. Airnya sangat dingin. Aku menyelam ke dalamnya dan menemukan sebuah semangka di bawah air, sangat segar, seolah-olah baru saja dipotong dari dahannya. Aku sangat bergembira dan Aku mengambilnya dan berkata, ‘Wahai Syaikhku terimalah aku.

Beliau berkata kepadaku, ‘Wahai Muhammad zahid, bila engkau pergi mengunjungi Syaikh atau ketika engkau duduk di tengah kehadiran Syaikh, berhati-hatilah agar jangan meletakkan kakimu sedemikian rupa sehingga kakimu menghadap ke arahnya.

Aku menemukan sebuah pohon dan berbaring di bawahnya dengan kaki berselonjor. Sayangnya seekor binatang datang dan menggigit kakiku. Kemudian aku tertidur lagi dengan rasa nyeri, dan ketika aku tertidur seekor binatang menggigitku lagi. Tiba-tiba aku sadar bahwa Aku telah membuat suatu kesalahan besar, Aku telah menghadapkan kakiku ke arah Syaikhku. Dengan segera Aku bertaubat dan binatang yang menggigitku itu pun pergi.

Syaikh Khalid al-Baghdadi

Setelah shalat ‘Isya Syaikh Khalid memasuki ruang kamar rumahnya, dan memanggil seluruh anggota keluarganya, dan berkata kepada mereka, “Aku akan meninggal dunia pada hari Jumat.” Mereka tinggal bersamanya sepanjang malam. Sebelum Subuh beliau bangun, berwudhu dan melakukan shalat. Lalu beliau memasuki kamarnya dan berkata, “Tidak ada yang boleh memasuki kamarku kecuali orang yang telah kuperintahkan.” Beliau berbaring di sisi kanannya, menghadap kiblat dan berkata, “ Aku membawa semua wabah yang menyerang Damaskus.”

Beliau mengangkat tangannya dan berdo’a, “Siapa pun yang terkena wabah itu, biarkan wabah itu mengenaiku dan bebaskan orang-orang di Syam”.

Kamis tiba dan seluruh kalifahnya memasuki kamarnya. Sayyidina Isma`il ash-Shirwani bertanya kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?” Beliau berkata, “Allah telah menjawab doaku. Aku akan membawa semua wabah yang melanda orang-orang di Syam dan Aku sendiri akan meninggal dunia pada hari Jumat.

Syaikh Ismail ash-Shirwani

Sufisme adalah kemurnian, dia bukan suatu deskripsi (gambaran). Dia adalah Kebenaran tanpa akhir, bagaikan sungai mawar merah.”

“Tasawwuf adalah berjalan dengan Rahasia Allah”

Saidi Syaikh Kadirun Yahya Muhammad Amin

Tidaklah cukup kalau hanya berguru kepada yang menunjuki adanya TUHAN.

Tapi Bergurulah pada yang bisa menuntun kita kehadiratnya.

Rasulullah adalah pembawa wasilah, is the big conductor, is the wasilah carrier, is the missing link.

Yang di maksud Silsilah itu yaitu: Silsilah ke-arwahan (qaddaza). Jasmaninya berlainan, turunannya dari berbagai bangsa, tempat tinggalnya di segala pelosok dunia, arwahnya jadi satu dengan Rasul Allah yang di surikan oleh Allah, menjelma menjadi tempat tumpuan al-quran dan hadits.

Ada dua gerakan perbuatan manusia, Satu gerakan timbul dari hati yang berisi unsur keTuhanan dan ada pula gerakan timbul dari hati yang berunsur kesyaitanan. Tergantung isi hatinya. sama bergerak tapi tidak sama dasar sumber unsurnya.

Nama Tuhan itu ada sembilan puluh sembilan, nama Muhammad itu ada seratus kurang satu.

Muhammad itu adalah manusia ter-dhahir, Rasulullah terjalin, Allah tersembunyi.
Sinar matahari adalah berjuta-juta tak terhingga banyaknya, tetapi cahaya matahari hanya satu dari matahari yang satu. Tetapi walaupun apa yang kau pegang, apakah sun beam, cahaya kecil, cahaya besar, apakah bentuk cahaya segitiga, oval, bundar, namun kalau kita letakkan mata kita dalam cahaya itu, kita melihat satu matahari saja.

Risalah berjumpa Rasulullah S.A.W.

http://dapalan.com/Jaau



RISALAH BERJUMPA RASULULLAH SAW

Mengenai sholawat untuk bermimpi / berjumpa dengan Rasulullah SAW, saya mulai mencari dan menyelidiki sekiranya ada metode khusus untuk dapat mewujutkan niat itu. Alhamdulillahnya…saat dipondok dulu ada satu kitab yang berjudul MAGHNATHISUL QABUL FIL WUSHUL ILAA RU’YATI SAYYIDINAR RASUL SAW ( MAGHNATIS : RISALAH METODE BERJUMPA RASULULLAH SAW ) buah karya dari Sayyid Hasan Muhammad syiddad ba Umar. Pengantar kitab ini adalah Habib Abdurrahman bin Syech Al-Atthas, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Masyhad, Sukabumi. Tempat dimana saya belajar dan menimba ilmu agama. Kitab yang sangat bagus karena diberi sambutan / referensi oleh beberapa Ulama besar. Diantaranya :

Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Asseqaf
Al-Habib Ahmad Masyhur Al-Haddad
Al-Habib Abu Bakar bin Ali Al-Masyhur
Al-Habib Hasyim Al-Idrus
Al-Habib Abdul Qadir Jilani bin Salim Al-Khird
As-Sayyid Abdurrahman bin Ahmad Al-Kaff
As-Sayyid Ali bin Abdullah bin Husein Asseqqaf
As-Sayyid Muhammad bin said bin Al-Baidh
As-Syekh Husein Shaleh Al-Masibily
As-Syekh Abdur Rahiim Syekh Ali Musa
As-Syekh Abdullah Sirajuddin
As-Syekh Musa Abduh Yusuf
As-Syekh Shaleh Al-Syekh Al-Abbassy
As-Syekh Ahmad Al-Badawi bin Usman Al-Barawy

Beliau-beliau diatas menyatakan bahwa Kitab ini MAGHNATHISUL QABUL FIL WUSHUL ILAA RU’YATI SAYYIDINAR RASUL, adalah satu kitab yang terjamin ke shahihannya dan berdasarkan dalil yang kuat juga dari Ijazah yang bersambung secara berantai sanadnya. Merupakan pedoman bagi para Muhibbin yang bercita-cita untuk dapat bertemu dengan Junjungan Yang Mulia Sayyidina wa Habibina wa Maulana Rasulullah Muhammad bin Abdillah SAW.

Perangkum kitab ini merangkumnya kedalam tiga bahasan pokok dalam merajut kecintaan dan menjalin keterpautan hati kepada Nabi SAW secara sistematis dan proporsional berdasarkan Al-Qur’an, As-Sunnah, dan wacana para salaf dan khalaf melalui pengamalan sholawat. Perjumpaan yang dimaksud adalah dengan melalui mimpi dan diharapkan berlanjut ke alam nyata.

Mimpi merupakan yang pertama nampak dari wahyu kenabian kepada Rasulullah SAW sebagaimana yang diterangkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahihnya pada bahasan Ta’bir dan oleh Muslim pada bahasan Al-Imam ( hadist no : 252 ).Kata RU’YAH digunakan untuk mimpi yang disukai, sedangkan kata HULUM untuk mimpi yang tidak disukai. Terkadang kata Ru’yah digunakan untuk keduanya. Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim pada bahasan itu- dari Abu Qatadah bahwa Nabi SAW bersabda : “ Ru’yah yang benar berasal dari Allah dan Hulum yang buruk berasal dari Syetan.”

Sayyid Allamah Abdullah bin Alwi Al-Haddad Ra pernah ditanya tentang Ru’yah dan beliau mengatakan,” Mimpi adalah bagian dari kenabian dan memiliki alam tersendiri, malah mimpi merupakan dinding pemisah antara kasyf yang bersifat bathin dengan kesadaran ( yagdhah ) yang bersifat zhohir.” Kewalian biasanya diawali dengan mimpi sebagaimana yang di awali oleh Rasulullah SAW pada awal kenabian. Namun tidak setiap mimpi yang diawali oleh seseorang bersifat demikian . Orang yang suka mencampur adukkan yang haq dengan yang batil kecil kemungkinannya untuk mendapatkan mimpi yang benar ( Shidig ). Syarat bermimpi yang benar adalah bersikap jujur dan menjauhkan diri dari khayalan-khayalan buruk.

Allah memuliakan para pecinta Nabinya dengan kemampuan melihat Rasulullah SAW ketika tidur sebagai perwujudan dari mengutamakan dan memuliakan beliau SAW adalah pangkat yang paling agung yang didambakan dan diharapkan oleh setiap insan yang mencintai beliau.Sesuai dengan sabda Nabi SAW,” Tidak beriman ( dengan sempurna ) satu diantara kamu, sehingga aku lebih dicintainya dari pada dirinya sendiri, anaknya, orang tuanya dan setiap manusia.” Setelah Allah menganugerahi para pecinta dengan kemampuan melihat Nabi-NYA SAW dikala tidur, kedudukan mereka menjadi tinggi dengan memperbanyak bacaan sholawat dan salam sambil mengikuti jejak beliau yang sempurna, sehingga Allah Yang Maha Mulia memberi mereka keutamaan. Mereka mampu melihat beliau dan berkumpul bersama beliau dalam keadaan terjaga. Itulah yang termasuk pangkat yang tinggi dan derajat yang agung.

Sebagaimana sabda beliau SAW,” Barangsiapa melihat aku diwaktu tidur maka dia benar-benar melihat aku, karena sesungguhnya setan tidak mampu menyerupai aku.” ( Sungguh benar Nabi SAW yang benar dan dibenarkan ). Setelah itu beliau memberi kabar gembira kepada kita : “ Barangsiapa melihat aku diwaktu tidur, maka dia akan melihat aku di waktu terjaga atau ( dia seakan-akan melihat aku di waktu terjaga ) setan tidak dapat menyerupai aku.” (HR.Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Diantara syarat-syarat Mahabbah kepada Rasul SAW adalah :
Taqwa dan Istiqomah yang sempurna. Karena merupakan azaz yang kokoh dalam semua amal ibadah disamping niat yang benar dengan ikhlas).

Didalam mengikuti jejak rasul SAW ada 3 faedah yang besar dan agung :
Dicintai Oleh Allah SWT.
Taat kepada Rasulullah SAW.
Diampuni dosa-dosanya.

Tersebut didalam kitab Mafatihul Mafatih : Barangsiapa bisa bermimpi melihat Rasulullah SAW dikala tidur, maka dia akan mendapatkan Husnul Khotimah dan syafaat beliau, mendapatkan surga dan Allah mengampuninya serta kedua orang tuanya- jika keduanya muslim. Dia termasuk yang mengkhatamkan Qur’an sebanyak 12 kali, sakaratul maut terasa ringan baginya, siksa kubur dihilangkan dari padanya, diselamatkan dari kesulitan da hari kiamat dan tercapai hajatnya didunia dan akhirat dengan kasih sayang dan karunia-NYA.

Ketahuilah bahwasanya mimpi melihat beliau SAW adalah Haq. Mimpi adalah suatu keterbukaan yang tidak bisa terjadi kecuali dengan hilangnya penutup / Hijab dari hati.Oleh karena itu tidak bisa dipercaya kecuali mimpi seseorang laki-laki shaleh dan benar ucapannya. Adapun orang yang banyak kebohongannya, tidaklah benar mimpinya. Orang yang banyak kerusakan dan perbuatan maksiatnya akan gelap hatinya, sehingga apa yang dilihatnya adalah bunga-bunga tidur.

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya orang yang diberi Taufiq oleh Allah SWT dan dimuliakan dengan melihat Nabi SAW, terkadang dia melihat beliau dalam bentuk-bentuk yang banyak. Hal ini kembali kepada perilaku orang yang melihat beliau, karena perobahan tingkah lakunya, istiqomahnya, dan khaufnya kepada Allah, disertai cara-cara menunaikan ibadah-ibadah fardhu dengan benar. Apabila amalan orang yang melihat Rasul SAW baik, maka baik pula baginya bentuk dan rupa beliau. Terkadang beliau nampak dengan sifat-sifat yang dimilikinya, kendatipun demikian beliau diatas segala sifat-sifat itu dari kebagusan, kesempurnaan, kedermawanan, cahaya dan rahasia beliau yang merupakan sifat-sifat Mulia yang tidak diketahui kecuali Tuhan Yang Maha Pencipta lagi Maha Agung.

Orang yang berkeinginan untuk melihat Rasulullah SAW wajib menambah :

1.Sikap merendahkan diri kepada Allah SWT.

2. Beradab bersama Rasulullah SAW.

3. Memandang sesuatu sesuai yang disenangi dan di Ridhai Oleh Allah dan Rasul-NYA.

4. Menjauhi semua tempat yang tidak di Ridhai oleh Allah dan Rasul-NYA.

Dan berikut ini adalah contoh beberapa faedah untuk tujuan yang dimaksud, maka bangun dan berjuanglah…ambillah dia untukmu dan semoga kita dapat menyaksikan Ke Maha Murahan dan Ke Maha Agungan Allah yang Maha Penolong dan pemberi Taufiq.

Faedah beberapa surah di dalam Al-Qur’an untuk tujuan berjumpa (Mimpi) kepada Rasulullah SAW.

1.Surah Al-Kautsar

Barangsiapa membacanya dimalam hari 1.000 kali, maka dia akan bermimpi melihat Nabi SAW. ( Mujarab Shahih )

2. Surah Al-Muzammil

Barangsiapa ingin melihat Nabi SAW maka bacalah surah itu sebanyak 41 kali. Maka dia pasti akan melihat beliau SAW. ( Mujarab shohih )

3. Surah Al-Qodr

Dibaca pada malam jum’at 1.000 kali maka dia tidak akan mati sebelum melihat Nabi SAW. ( Mujarab )

4. Surah Al- Qurays

Dibaca malam jum’at 1.000 kali, kemudian tidur dalam keadaan suci maka dia akan melihat Nabi SAW didalam tidurnya dan tercapai maksud serta tujuannya. ( Mujarab )

5. Surah Al-Ikhlas

Riwayat Ibnu Abbas : Dibaca malam hari 1.000 kali , maka dia akan melihat Nabi SAW didalam tidurnya. ( Mujarab )

Dibagian lain Ibnu Abbas menerangkan : “ Barangsiapa yang melaksanakan sholat dua rakaat pada malam jum’at , pada setiap rakaatnya setelah fatehah membaca Surah Al-Ikhlas 25 kali setelah itu ba’da sholat membaca sholawat dengan sighat ini :

Sholallahu ‘alaa sayyidina Muhammadin Nabiyyil ummi. 1.000 kali.

Maka tidak akan sempurna jum’at yang akan datang kecuali dia melihat Nabi SAW diwaktu tidurnya. Jika dia dapat melihat Nabi SAW maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya. ( Mujarab Shohih )

Faedah beberapa sholawat pendek An-Nabi SAW.

1.Sholawat Nur

Bismillahir rahmanir rahiim…

Allahumma inni as-aluka bi nuuril anwaaril ladzii huwa ‘ainuka laa ghoiruka an turiyanii wajha nabiyyika sayyidina Muhammadin sholallahu ‘alaihi wa aalihi wassallama kamaa Huwa ‘indaka.

Sighat sholawat tersebut dibaca 100 kali. ( Ini Mujarab )

2. Sholawat Ummi

Bismillahir rahmanir rahiim…

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummi.1.000 kali.

Caranya : Sholat sunah dua rakaat pada malam jum’at. Dalam setiap rakaatnya membaca ba’da al-fatehah : Ayat Qursy.1x dan Surah Al-Ikhlas 15 kali. Setelah salam membaca sholawat tersebut diatas 1.000 kali.( Mujarab )

3. Sholawat Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra.

Bismillahir rahmanir rahiim…

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin ‘abdika wa nabiyyika wa rasuulikan nabiyyil ummi wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.500x

Berkata Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra : “ Barang siapa membaca secara rutin sighat sholawat tersebut dalam sehari semalam sebanyak 500 x , maka dia tidak akan mati sebelum berkumpul bersama Nabi SAW dialam nyata ( terjaga ).”Syekh Yusuf An-Nabhani menambahkan dan menerangkan : Apabila sholawat tersebut berfaedah untuk melihat Nabi SAW dialam nyata , tentunya sholawat tersebut lebih berfaedah lagi untuk melihat beliau didalam tidur.” ( Ini Mujarab )

4. Sholawat Sayyid Jamaludin Abu Mawahib Asy-Syadzily Ra.

Beliau adalah termasuk orang-orang pilihan yang agung. Beliau berkata,” Saya pernah melihat Rasulullah SAW didalam tidur , lalu beliau SAW berkata kepadaku “ Bacalah olehmu ketika hendak tidur…

Bismillahir rahmanir rahiim. 5x

A’udzubillahi minasy-syaithonnir rajiim.5x

Allahumma bihaqqi Muhammadin arinii wajha Muhammadin haalaan wa maalaan.5x

Apabila engkau membacanya ketika hendak tidur , maka aku akan mendatangimu dan aku tidak akan meninggalkanmu sama sekali. “ Lalu beliau menuturkan “ alangkah indahnya bentuk bacaan ini dan juga artinya bagi orang yang mempercayainya, terlebih lagi jika engkau menambahinya dengan bacaan sholawat dan salam kepada Nabi SAW.” (Ini Mujarab Shohih).

5. Sholawat Rahmat

Penulis kitab ini Sayyid Hasan Muhammad syiddad ba Umar mengatakan telah memperoleh ijazah dari Guru beliau Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith- dan beliau berkata : “ Sesungguhnya Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy Ra berkata : “ Barang siapa banyak membaca sighat sholawat yang berkah ini maka dia akan melihat An-Nabi SAW.”

Inilah sighat sholawat yang dimaksud :

Bismillahir rahmanir rahiim…

Allahumma sholli wa sallim’ala Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad miftaahi baabi rohmaatillah, ‘adada maafii ‘ilmillah, sholaatan wa salaaman daa-imaini bi dawamii mulkillah.”

Dan beliau- Sayyid Hasan Muhammad syiddad ba Umar mengatakan telah memperoleh sighat sholawat yang sama dari Al-Habib Hasan bin Abdullah Asy-Syatthiri diawal perjumpaan beliau di Raudhah yang mulia di Masjid Madinah Al-Munawarrah.

Saya kira cukup sedemikian itulah beberapa contoh dari beberapa faedah yang berguna untuk dapat bertemu dengan An-Nabi SAW. Untuk selanjutnya kami persilahkan kepada ikwanul muslimin, baik yang berada di kampus KWA tercinta ini atau dimanapun berada untuk mencari dan mengamalkannya faedah-faedah lain untuk tujuan yang sama. Hal ini sebagai bukti Mahabbah kita kepada beliau SAW. Bahwasanya seseorang pecinta akan sangat berharap berkumpul dengan orang yang dicintainya.

Akhirul kalam…artikel ini hanya sebagai motivator untuk para ikhwan agar semakin menyuburkan Mahabbahnya kepada Junjungan kita Rasulullah Sayyidina Muhammad SAW. Banyak sekali metode yang bisa dipergunakan baik melalui pembacaan surah-surah ataupun dengan sholawat. Semoga dengan ini kita akan mengikuti beliau SAW dengan lebih baik. Amiin Ya Robbal ‘Alamiin.

Wabillahit-taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum wr wb….